Cara Mengurus Kartu ATM CIMB NIAGA Yang Hilang

PEMBURUHADIAH.NET-Sobat pemburuhadiah, pernah nggak ngalami kartu ATM hilang entah kemana. Tahu-tahu ketika mau ambil uang kartu nggak ada. Hal ini yang beberapa waktu lalu saya alamin. Ketika menuju ke salah satu gerai ATM mau melakukan tranfer, eh kartu ATM tidak ditemukan di dompet. Setelah cari sana-sini ga ketemu, akhirnya nyerah juga. Mau nggak mau harus ngurus kehilangan ATM ke bank penerbit. Berhubung hari sudah sore, akhirnya telpon dulu ke 14041 untuk blokir ATM.


Sehari setelah kartu ATM dipastikan hilang, saya mendatangi bank CIMB NIAGA. Langsung menuju ke customer service untuk membuat laporan kehilangan kartu ATM. Kebetulan antrean lagi kosong, jadi langsung bisa ditanganin. Saya jelaskan maksud dan tujuan kedatangan. Bahwa saya kehilangan kartu ATM, entah hilangnya dimana nggak tahu. Customer service menanyakan KTP dan buku tabungan. Kemudian ditanya beberapa data pribadi. Ketika data yang saya berikan sudah cocok dan klop dengan data yang terecord di bank, penggantian kartu bisa dilakukan.

Sekarang, prosesnya tidak memakan waktu lama. Saya diminta menunggu tak lebih dari 5 menit. Dan trala, kartu ATM langsung jadi. Untuk penggantian kartu dikenakan biaya Rp 20.000 dan biaya materai sebesar Rp 6.000. Sialnya, saya tidak bawa uang sebanyak itu. Tapi ini bukan masalah karena pihak bank memberi solusi untuk mendebet otomatis dari rekening. Kartu ATM langsung diserahkan. Kali ini tidak dimasukkan dalam amplop. Untuk PIN nya bagaimana? Ternyata PIN akan dikirim via SMS. Tak sampai 2 menit, HP saya bunyi dan saya dapat SMS dari CIMB NIAGA. Isinya nomor PIN ATM. Sampai di sini sudah beres. Saya bisa meninggalkan bank. Selanjutnya adalah mengganti PIN ATM. Untuk mengganti PIN ATM, langsung saya lakukan di mesin Anjungan Tunai Mandiri yang terdapat di area bank. Lagian kalau ada masalah saya bisa langsung minta bantuan pak satpam. Akhirnya, penggantian PIN bisa dilakukan dengan sukses dan saya bisa kembali bertransaksi menggunakan kartu ATM CIMB NIAGA.

Sampai di sini, saya cukup puas dengan pelayanan CIMB NIAGA. Pelayanannya OK dan gak ribet. Yang penting kita bawa persyaratan lengkap dan proses pencocokan data berhasil, langsung bisa diurus. Nggak harus datang ke bank tempat pertama kali kita bikin ATM. Penggantian kartu ATM bisa dilakukan di semua cabang bank CIMB NIAGA. Hal ini berbeda dengan kejadiaan dulu ketika saya kehilangan ATM di salah satu bank swasta lain. Ketika ATM hilang, prosedur pengurusannya agak ribet. Saya harus bikin surat keterangan kehilangan ATM ke pihak kepolisian. Baru kemudian bisa ngurus kehilangan ATM ke bank tersebut. Agak ribet ya. Ngak tahu kalau sekarang prosedurnya sudah berubah. Itu sudah beberapa tahun yang lalu.

Nah, intinya, kalau kita kehilangan kartu ATM, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan pemblokiran kartu. Untuk CIMB NIAGA, kita bisa telpon ke 14041 untuk melakukan pemblokiran kartu. Kalau sudah diblokir, kita bisa tenang. Mau langsung diurus ke bank atau di lain waktu nggak masalah, karena rekening kita sudah aman. Kita juga bebas mau melakukan penggantian kartu di cabang mana saja bisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *