Kelebihan Dan Kekurangan Honda Beat

Kelebihan Dan Kekurangan Honda Beat-Sobat uhabanget, tak terasa liburan sudah usai. Imlek sudah lewat dan kita harus memulai aktivitas lagi. Entah itu kerja, study atau aktivitas lainnya. Malam hari ini, kita mau membicarakan tentang motor, khususnya skutik terlaris di Indonesia. Sebagaimana kita tahu bahwa tren pasar otomotif Indonesia sekarang sudah banyak bergeser. Kalau dulu motor bebek menjadi primadona, tidak demikian dengan sekarang.
Motor bebek sudah terpinggirkan. Digantikan oleh motor matic yang makin kesini makin menguasai pasar otomotif. Ada banyak produsen otomotif yang memproduksi skutik. Namun, dari sekian banyak produsen, akhirnya hanya ada satu pabrikan yang sanggup menguasai segmen motor matic dengan sangat erat, yaitu Honda. Di negara kita ini, Honda menguasai lebih dari 50% pasar matic di tanah air lewat jagoannya di kelas entry-level, yaitu Beat. Motor matic termurah dari Honda ini ada dimana-mana dan menjadi primadona di Indonesia. Honda Beat sangat mendominasi dan seolah tak ada lawan. Honda Beat pertama kali diluncurkan pada tahun tahun 2008. Motor ini hadir untuk menjawab kebutuhan pasar akan motor matic yang praktis digunakan untuk sehari-hari. Sekaligus, Honda Beat hadir untuk menggempur penguasa pasar matic kala itu yaitu Yamaha Mio. Beat hadir dengan berbagai spesifikasi yang lebih baik dari kompetitor. Ambillah contoh teknologi Side Switch Stand, kunci kontak bermagnet, parking brake lock. Saat kompetitor belum terpikirkan mengaplikasikan teknologi tersebut, Beat langsung hadir duluan. Hal ini tentusaja menjadi nilai lebih tersendiri. Pelan tapi pasti, Honda Beat berhasil menguasai pasar dan menjadi motr matic favorit pilihan masyarakat Indonesia. Melihat kesuksesan Beat, AHM terus melakukan berbagai penyempurnaan baik mulai dari desain sampai penyematan teknologi terbaru demi meningkatkan kepuasan konsumen. Terbaru, Honda Beat sudah menggunakan teknologi terbaru eSP.
Sobat uhabangetblog, kali ini kita akan mencoba membahas apa saja kelebihan dan kekurangan Honda Beat pgm fi. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis dan pengalaman beberapa kawan yang menggunakan Beat. Apa saja kelebihan dan kekurangan Honda Beat terbaru? Mari kita lihat bersama-sama.

Kelebihan Dan Kekurangan Honda Beat

kelebihan dan kekurangan honda beat fi

Kelebihan Honda Beat terbaru

1. Dibekali dengan fitur keamanan yang relatif komplit
Fitur keamanan yang disematkan pada Honda Beat bisa dibilang cukup komplit. Tenggoklah mulai dari secure key shutter, side stand switch, serta parking break lock. Fitur-fitur tersebut sebenarnya sudah diaplikasikan sejak Honda Beat pertama kali diluncurkan. Dan terus dipertahankan sampai generasi terbaru meluncur. Secure Key Shutter merupakan sistem penguncian bermagnet yang membuat sisetem keamanan kendaraan lebih kuat. Side Stand Switch bermanfaat bagi yang sering lupa menaikkan standart samping. Mesin kendaraan tidak bakal mau menyala bila standart samping belum dinaikkan. Brake Lock berguna ketika motor berhenti di tempat yang tidak rata, semisal di tanjakan. Fitur-fitur tersebut sepintas terlihat simpel. Akan tetapi, ternyata sangat bermanfaat buat pengendara. Beberapa kawan penulis yang memiliki motor Beat mengatakan, kalau salah satu fitur yang sangat berguna adalah Side Stand Switch. Rata-rata mengatakan kalau mereka terbantu dengan adanya fitur ini. Beberapa kawan yang dulunya memiliki motor non matic atau non matic yang tidak dibekali Side Stand Switch mengatakan sering lupa menaikkan standart samping. Ada yang hampir celaka karena kejadian tersebut.
2. Tarikan enteng dan nyaman
Honda Beat merupakan motor yang enteng dan nyaman dikendarai. Ungkapan ini bukan isapan jempol belaka. Berdasarkan pengalaman beberapa kawan, rata-rata mengatakan kalau Beat tarikannya enteng, tidak berat dan nyaman dikendarai. Diajak boncengan juga seolah tidak terasa membawa beban.
3. Irit konsumsi bahan bakar
Dari jaman dulu, Honda dikenal menghasilkan motor-morot yang irit bahan bakar. Tak usah jauh-jauh, silahkan tanyakan kepada orang tua kita atau kerabat yang sudah berumur 40 tahunan. Meraka akan mengatakan kalau motor Honda itu irit bahan bakar alias tidak boros. Image bahwa Honda adalah moto yang irit BBM ternyata telah mengakar kuat di benak masyarakat Indonesia. Hebatnya, ciri khas ini berhasil dipertahankan oleh pabrikan Honda dalam setiap produk barunya. Termasuk pada motor matic. Honda Beat berhasil mematahkan pendapat sebagian masyarakat yang mengatakan kalau motor matic itu boros bensin. Faktanya, Honda sanggup membuktikan bahwa matic tidak harus boros. Sejak masih menggunakan teknologi karburator, Beat dikenal cukup ramah di BBM. Keiritan ini terus berlanjut. Apalagi, Beat terbaru sudah menggunakan teknologi injeksi.
4. Motor matic handal dengan teknologi injeksi terbaru
Honda adalah salah satu pabrikan otomotif pelopor teknologi injeksi yang ramah lingkungan. Teknologi injeksi Honda ini disebut PGM-FI. Teknologi ini membuat motor menjadi lebih irit bahan bakar sekaligus bertenaga. Nah, semakin kesini, Honda semakin berani menyematkan teknologi terbaru ke motor-motor buatannya. Kalau dulu ada beberapa teknologi yang hanya ada di motor premium, sekarang teknologinya sudah bisa dirasakan di motor harian yang harganya terjangkau. Kita bisa menunjuk pada teknologi ISS dan eSP yang awalnya hanya ada pada motor matic premium PCX. Teknologi premium tersebut kini sudah diturunkan ke motor dengan spesifikasi yang lebih simple dan sederhana. Teknologi ISS memungkinkan mesin kendaraan mati setelah beberapa detik sehingga mencegah BBM terbuang sia-sia. Teknologi ini sangat bermanfaat ketika berhenti di lampu merah atau ketika terjebak di kemacetan. Teknologi premium tersebut sekarang sudah bisa dinikmati di Beat sehingga konsumen bisa membeli motor harian dengan teknologi premium.
5. Dibekali fitur bagasi luas
Orang Indonesia itu menggunakan membutuhkan kendaraan yang dapat menunjang aktivitas hariannya. Salah satunya adalah dapat menyimpan barang bawaan seperti jas hujan, barang belanjaan dari pasar, dll. Nah, Honda Beat mengakomodasi keinginan masyarakat Indonesia.
6. Harga jual kembalinya tinggi
Masyarakat Indonesia tidak hanya membeli motor untuk sarana tranportasi, tetapi juga sebagai investasi. Dalam artian, kalau terdesak kebutuhan, motor bisa dijual. Karenanya, sebagaian masyarakat kita sangat memperhatikan harga jual kembali kendaraan yang dibeli. Jika harga jualnya jatuh, masyarakat tidak akan memilih. Kalau harga jual kembalinya tinggi, dipastikan motor tersebut bakalan banyak yang beli. Seperti yang dialami tetangga penulis. Akibat terdesak suatu kebutuhan, terpaksa menjual Beat kesayangan. Tak perlu menunggu terlalu lama, motor bisa langsung kejual.
Sobat uhabanget, itulah beberapa kelebihan Honda Beat terbaru. Setelah kita melihat kelebihannya, baiklah kalau kita juga melihat apa saja poin minus dari salah satu motor terlaris di Indonesia ini.

Kekurangan Honda Beat Injeksi

1. Ukuran Jok relatif sempit
Ukuran jok Honda Beat relatif mungil dan sempit. Akibatnya, kalau akan cepat panas. Ini sepertinya sudah menjadi salah satu keluhan pengendara Beat.
2. Area mesin terlihat semrawut (tidak rapi)
Kalau kita perhatikan dari belakang, area mesin tampak semrawut. Kabel-kabel terlihat berseliweran sehingga sangat gampang dijangkau bahkan oleh anak kecil. Di satu sisi, ini sangat praktis karena memudahkan mekanik ataupun pemilik ketika harus melakukan suatu perbaikan. Namun, secara estetika terlihat kurang rapi. Dan, bisa berbahaya ketika ada balita yang main-main di sekitar motor. Sebagai perbandingan, kita bisa melihat pada motor matic kompetitor yang terlihat sangat rapi. Area mesin tertutup dengan cover sehingga relatif aman dari jangkauan dan dari kotoran.
3. Body plastik tipis
Bodi motor Beat boleh dibilang relatif tipis bila dibandingkan dengan produk-produk dari kompetitor. Memang, tidak ada yang salah dengan hal ini. Toh fungsi utama bodi adalah untuk membungkus alias melindungi mesin. Akan tetapi, ada baiknya pihak pabrikan lebih memperhatikan area ini.
4. Kualitas cat kurang maksimal
Beberapa pemilik Beat mengeluhkan cat pada bodi motor yang cepat kusam. Masalah seperti ini ada pada generasi lawas. Untuk model sekarang, sudah ada sedikit perbaikan.
Sobat uhabangetblog,  demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Honda Beat FI terbaru. Perlu diperjelas lagi bahwa tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa sobat pengguna Beat.
Dari berbagai uraian di atas dapat dikatakan bahwa Beat sanggup menghadirkan kendaraan harian yang praktis, irit BBM, fungsional, nyaman serta dilengkapi dengan fitur keamanan yang memadai.  Jangan lupakan juga faktor nama besar Honda yang sudah sangat familiar dan dipercaya masyarakat Indonesia.
 

Satu gagasan untuk “Kelebihan Dan Kekurangan Honda Beat

  1. Rusmien

    Dulu kan cuma Honda yg pake mesin 4 tak ya jelas paling iritlah. Kalo sekarang ……semua merek irit cui beti (beda tipis).

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *