Meskipun Pahit, Pare dan Daun Pepaya Khasiatnya Luar Biasa

Meskipun Pahit, Pare dan Daun Pepaya Khasitanya Luar Biasa-Sobat semuanya, hayo siapa yang ga doyan Pare atau daun pepaya? Yaps, keduanya memiliki rasa pahit sehingga tidak disukai oleh beberapa orang. Padahal, meskipun pahit, Pare dan daun Pepaya punya banyak khasiat lho?
manfaat pare dan daun pepaya meskipun pahit
Mau tahu apa saja nutrisi dari makanan dengan rasa pahit ini?

Manfaat Pare Dan Daun Pepaya

Paria atau pare (bitter melon atau bitter gourd) merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Momordica Charantia. Sayuran ini punya bentuk bulat panjang rucin. Kalau dimasak, rasa pahitnya masih terasa. Hal ini dikarenakan dalam pare terkandung zat gizi quinine. Ini adalah alkaloid yang mempunyai sifat penawar panas, anti malaria dan penawar sakit alami. Di samping itu, pare ternyata rendah kalori. 100 gram Pare hanya mengandung 17 kalori. Dan juga, pare punya kandungan gizi yang bermanfaat seperti serat, folat, vitamin C hingga flavonoid. Serat yang terkandung dalam Pare bisa bantu stabilkan kadar gula darah. Sementara folat sangat bermanfaat buat ibu hamil karena dapat mencegah resiko cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Vitamin C bekerja menangkal radikal bebas, Dan flavonoid bisa mencegah penuaan, kanker, diabetes.
Bagaimana dengan daun pepaya? Rasa pahit pada daun pepaya berasal dari zat alkaloid yang berupa papain. Papaini ini sangat berguna buat kesehatan tubuh karena dapat berfungsi sebagai anti kanker, hambat tumbuhnya bakteri,  bisa tingkatkan sistem imunitas, anti malaria, cegah DBD, katarak, bantu pencernaan, tingkatkan trombosit,  serta mencegah masalah paru-paru seperti emfisema.
Sudah tahu khan dengan manfaat Pare maupun daun Pepaya. Jadi meskipun pahit, keduanya harus tetap dimasukkan dalam menu makanan harian kita karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *